Ini 10 Program Kerja Anies-Sandi Terkait Kesehatan Warga Jakarta

Hari ini, secara resmi Gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih telah dilantik. Kita pun berharap bahwa janji-janji yang dilontarkan ketika kampanye bukanlah angin surga belaka. Berikut ini adalah program kerja Anies-Sandi yang akan dilaksanakan terkait kesejahteraan di bidang kesehatan bagi warga DKI Jakarta:

1. Kartu Jakarta Sehat (KJS) Plus

KJS Plus bertujuan untuk memperluas cakupan jaminan kesehatan kelas satu yang ditanggung pemerintah provinsi bagi para guru pengajian, pengajar di sekolah minggu, penjaga rumah ibadah agama, khatib, penceramah, dan pemuka agama.

2. Siaga Persalinan Darurat

“Unit Darurat” di setiap puskesmas akan diadakan beserta perlengkapan yang disesuaikan dengan kondisi di Jakarta dan pertolongan pertama bagi pasien.

3. Program Percepatan ASI Ekslusif untuk Memenuhi Target Nasional

Langkah-langkah yang diperlukan guna mencapai 80 persen ibu mengimplementasikan ASI Eksklusif dalam waktu 5 tahun.

4. Posyandu dan Posbindu untuk Jakarta

Pasangan Anies-Sandi akan fokus untuk meningkatkan pelayanan kesehatan preventif (pencegahan), sehingga diharapkan warga akan semakin sedikit dan semakin jarang untuk terkena penyakit. Dengan demikian, rumah sakit dapat lebih optimal dalam hal memberikan pelayanan, serta anggaran APBD yang digunakan untuk hal ini pun dapat lebih terkendali.

5. Kesetaraan bagi Penyandang Disabilitas

Fasilitas publik untuk penyandang disabilitas akan terus ditingkatkan guna membantu dan mensejahterakan mereka.

6. Program Khusus Lansia: Tunjangan Hari Tua

Mewujudkan mimpi untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang ramah serta aman bagi warga lanjut usia.

7. Memuliakan Perempuan dan Keluarga

Memuliakan kaum perempuan di Jakarta dengan mendukung Inisiasi Menyusu Dini dan ASI Eksklusif, cuti khusus bagi suami selama proses kelahiran anak akan diberikan, serta menyediakan fasilitas-fasilitas publik khusus seperti Ruang Menyusui dan Tempat Penitipan Anak yang dikelola secara sehat, profesional, dan bisa diakses seluruh warga.

8. Meningkatkan Kompetensi dan Kesejahteraan Perawat

Mengutamakan pelatihan intensif bagi para perawat, baik perawat dengan status PNS maupun non-PNS, dan juga memerhatikan peran, karier, serta kesejahteraan perawat.

9. Program Percepatan Pelayanan Air Bersih Warga

Memperbaiki kualitas dan memperluas cakupan layanan air bersih dengan prioritas pada wilayah-wilayah tertentu dengan kualitas air buruk serta memberikan subsidi langsung untuk warga tidak mampu.

10. Festival Olahraga Sepanjang Tahun

Memfasilitasi kompetisi olahraga (baik warga biasa dan warga difabel) dengan sistem musim kompetisi dan membangun pembinaan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *